Saturday, September 27, 2014

Install Google Voice Bahasa Indonesia (Fasih) + Google Now Launcher

Inwepo Tutorial - Tanggal 16 september 2014 kemarin google resmi merilis Google app voice yang mendukung bahasa indonesia yang lebih fasih. Sebenarnya sudah dari dulu Google voice mendukung bahasa indonesia tetapi tidak sefasih sekarang, karena dulu hanya bisa menangkap suara dengan bahasa indonesia seperti "Set alarm jam 12" tetapi untuk perintah lainya dalam pengucapan bahasa indonesia belum mampu.



Selain itu fitur menarik dari Google App ini dapat menampilakan gambar disetiap pencarian yang disebut Google knowledge graph (untuk saat ini ada beberapa handphone yang tidak support), aplikasi google ini sangat memudahkan kita dalam melakukan aktifitas sehari-hari dalam mencari informasi dengan menggunakan bahasa indonesia dan sangat bisa diandalkan dalam semua situasi. keleluasaan menggunakan voice search akan sangat berguna saat kita sedang berkendara, naik motor, mobil, sepeda, atau sedang berolahraga.

Contoh beberapa pertanyaan yang dapat kita tanyakan ke Google app voice:
1. Berapa tinggi candi borobudur?
2. Siapa presiden di indonesia?
3. Siapa saja personil sheila on 7?
4. Bagaimana keadaaan cuaca hari ini?
5. Restoran terdekat.
6. Konversi 170 centimeter ke kaki.
7. Berapa jumlah penduduk indonesia
dan masih banyak lagi, sesuai pencarian yang kita inginkan.



Download Google now launcher (Android)
Download Google app voice (Android)

Download Google app voice (iOS)

Cara menggunakannya Install dan jalankan Google app voice (icon g) kemudian ubah bahasa indonesia di pengaturan, pilih menu Settings > Voice > Language > Bahasa Indonesia.


Setelah semua terinstall dan tersetting sekarang jalankan aplikasi bernama Google (icon g).Tap icon microphone atau ucapkan "Ok Google" dan mulailah mencoba untuk mengatakan sesuatu sesuai custom command yang kamu buat.

Baca juga:
Membuat custom perintah di Google now voice

No comments :

Post a Comment